Selasa, 02 Juni 2009

Indonesia keranjingan akan facebook

Beberapa minggu terakhir di Indonesia mulai heboh dengan adanya gejala keranjingan akan facebook, terbukti dengan jumlah member di facebook pada akhir tahun mencapai ke angka 1 juta pengguna dari Indonesia. Per tanggal 19 Februari 2009 data di facebook menunjukkan angka 1,448,460 user Indonesia. Dan data di Alexa bahkan Facebook melangkahi rangking Friendster!.


Beberapa teman saya bertanya, jadinya makin banyak yang main internet di Indonesia ?…bisa jadi kalo itu, karena data di google adplanner juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari tahun 2008 yang di prediksi ( *oleh APJII ) sekitar 25 juta user sementara di tahun 2009 Google Adplanner mencatat sebesar 31 juta Indonesia user !.Nah apakah 31 juta orang itu pada main facebook semua? sepertinya engga, walaupun ada data yang menunjukkan adanya perpindahan “user interest” dari social networking yang satu ke yang lain. Coba lihat tabel dibawah ini.

Data dari Jan 2008 - Jan 2009, sudah 4 mungkin 5 tahun kebelakang Friendster merupakan situs yang terfavorit untuk dikunjungi orang Indonesia, di data di atas Friendster diwakilkan oleh garis berwarna biru, sementara Facebook dengan warna orange, Wordpress dengan warna hijau dan Multiply dengan warna merah.

Begini versi saya membaca tabel diatas, Facebook mulai dipakai banyak orang Indonesia sekitar tahun 2007 dan di 2008 mulai meningkat perlahan tapi pasti, nah jika diperhatikan dengan trend disekitar, trend peningkatan pemakaian Facebook sebenarnya ada kaitannya dengan mulai memboomingnya penggunaan Blackberry di Indonesia, BB mempermudah usernya untuk mengakses facebook pastinya. Peningkatan agak drastis terjadi menjelang dan setelah oktober 2008…kenapa ? jawabannya adalah lebaran ( disaat orang saling bertemu bertukar info saat liburan ) dan mendapatkan THR untuk beli BB mungkin hehe. Peningkatan juga terjadi pada pada Desember disaat Natal, sama juga ceritanya dengan lebaran pastinya.

Sementara garis biru mengalami penurunan sebandinga dengan peningkatan garis orange terutama setelah Okt 2008, yang terjadi adalah Friendster mulai ditinggalkan orang dan orang beralih memakai Facebook, begitu pula yang dialami oleh Multiply dan Wordpress mereka padahal sebuah social networking yang berbasiskan “Blog”. Yang seharusnya bukan pesaing head to head dengan Facebook dan Friendster yang berbasiskan kepada situs pertemanan belaka. Jadi bisa dikatakan tidak semua Blogger Indonesia itu benar2 blogger ada sekian percent yang memang lebih mengikuti trend yang ada…disaat smua orang pake Friendster pindah rame2…disaat orang2 pada ngeblog ikutan buat blog…disaat ada Facebook ikutan pindah juga hehe. Memang menakjubkan kekuatan dari “Word of Mouth”.

Ada satu hal yg perlu diperhatikan dalam statistik diatas yaitu setiap liburan panjang dipastikan traffic ke situs2 diatas jatuh mendadak begitu juga pemakaian Internet, seperti yang terlihat pada bulan Oktober yaitu disaat lebaran dan pada saat liburan Natal dan tahun baru. Jadi memang sudah dipastikan pemakainya situs jejaring sosial itu sebagian besar adalah pekerja kantoran yang mungkin bukan sibuk kerja malah sibuk mengecek facebooknya setiap saat. Mungkin ini bisa jadi acuan untuk melukan online activation atau online campaign…hindari saat2 liburan, lebih baik pasang iklan di TV, toh selama liburan targetnya dirumah aja nonton tivi.

Kembali ke masalah social networking, banyak teman saya yang berpendapat mengapa dahulu meninggalkan Friendster, jawaban mereka rata2 adalah di Friendster makin banyak orang yang mereka tidak kenal berusaha untuk berkenalan dan meng-add mereka dan berbuat hal yang aneh2, karena makin tidak comfortable akhirnya mereka memutuskan untuk tidak membuka Friendster mereka bahkan banyak yang menutup accountnya. Dan kenapa mereka memutuskan untuk bermain lagi di Facebook ? jawabannya rata2 adalah, “orang2nya lebih terpilih, jadi lebih aman ga banyak tu yg ngajak2 kenalan seperti dulu di Friendster atau orang2 aneh”.

Nah…dengan melihat trend traffic diatas…bisa jadi Friendster di pertengahan tahun 2009 akan ditinggalkan orang dan mulai beralih ke Facebook. Yang akan terjadi diteman-teman saya nantinya adalah peristiwa De Javu :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar