Sekitar pukul Jam 07:55 pagi ini ini, di hari Jum’at 17 Juli 2009, tiba-tiba Twitter saya sudah ramai dengan berita update dari berbagai sumber perihal tentang adanya ledakan di dua hotel terkemuka bertaraf international di kawasan Mega Kuningan yaitu Ritz-Carlton dan JW Marriot.
Untungnya pada saat itu, saya sudah berada di lokasi Kantor saya di Senayan City yang mana cukup berjauhan dari kawasan Rasuna Said, akan tetapi saya terus mengikuti berita-berita tersebut bersama teman-teman di Redaksi liputan6.com lt.9 SCTV Tower baik melalui Twitter, Forum dan bahkan Facebook untuk bisa selalu mendapatkan berita yang up to date.
Hanya berselang dalam beberapa menit kemudian, saya sudah mendapat berbagai macam sumber berita perihal kejadian tersebut berupa berapa kali ledakan, berapa jumlah korban terluka maupun meninggal, foto lokasi pengeboman, hingga kabar bahwa Manchaster United akan membatalkan kedatangan ke Jakarta, kunjungan yang bersifat mendadakan dari SBY ke Mega Kuningan. Dan hal ini juga terjadi di saat Super Star Michael Jackson meninggal pun, saya mendapatkan ledakan beritanya via Twitter, Forum bahkan Facebook di mana sekian jam lebih cepat dari media traditional/conventional, dan yang pastinya lebih cepat dari koran.
Apabila kita perhatikan pertumbuhan pengguna baik Twitter, Facebook dan social network lainnya meningkat secara drastis belakangan ini, yang diperkirakan pertumbuhannya pararel dengan pertumbuhan BlackBerry dan berbagai jenis smart phone yang di keluarkan oleh masing-masing principle di Indonesia, karena selain kemampuannya di dalam menyebarkan berita/viral lebih cepat (pastinya bukan Lebih cepat lebih baik ala Pak JK), akan tetapi tools tersebut mampu mengamati setiap percakapan konsumen setiap harinya yang mana kita sebagai pengguna bisa mendapatkan kelebihan di dalam menangkap Insight dan mencoba mengamati behavior user di Indonesia.
Dalam Era Dunia digital, sungguh tantangan luar biasa bagi para media konventional untuk bisa mengikuti kecepatan perkembangan berita di dalam memanfaatkan untuk kepentingan bisnisnya.
Setahu saya sampai hari ini, Internet banyak memberikan perubahan kepada Dunia termasuk di dalamnya adanya Social Network seperti Facebook, Forum, Micro Blogging masih menjadi lahan paling menggiurkan, namun masih banyak yang tergagap gagap dengan perkembangan bahkan terkadang tidak memperhatikan adanya kekuatan dari media online satu ini. Dunia saat ini sedang berubah dan apabila kita tidak mencoba mengikuti perubahan tersebut maka kita akan menjadi keterbelakang akan konsep-konsep Mega Trend yang ada.
Salam Digital,
Untungnya pada saat itu, saya sudah berada di lokasi Kantor saya di Senayan City yang mana cukup berjauhan dari kawasan Rasuna Said, akan tetapi saya terus mengikuti berita-berita tersebut bersama teman-teman di Redaksi liputan6.com lt.9 SCTV Tower baik melalui Twitter, Forum dan bahkan Facebook untuk bisa selalu mendapatkan berita yang up to date.
Hanya berselang dalam beberapa menit kemudian, saya sudah mendapat berbagai macam sumber berita perihal kejadian tersebut berupa berapa kali ledakan, berapa jumlah korban terluka maupun meninggal, foto lokasi pengeboman, hingga kabar bahwa Manchaster United akan membatalkan kedatangan ke Jakarta, kunjungan yang bersifat mendadakan dari SBY ke Mega Kuningan. Dan hal ini juga terjadi di saat Super Star Michael Jackson meninggal pun, saya mendapatkan ledakan beritanya via Twitter, Forum bahkan Facebook di mana sekian jam lebih cepat dari media traditional/conventional, dan yang pastinya lebih cepat dari koran.
Apabila kita perhatikan pertumbuhan pengguna baik Twitter, Facebook dan social network lainnya meningkat secara drastis belakangan ini, yang diperkirakan pertumbuhannya pararel dengan pertumbuhan BlackBerry dan berbagai jenis smart phone yang di keluarkan oleh masing-masing principle di Indonesia, karena selain kemampuannya di dalam menyebarkan berita/viral lebih cepat (pastinya bukan Lebih cepat lebih baik ala Pak JK), akan tetapi tools tersebut mampu mengamati setiap percakapan konsumen setiap harinya yang mana kita sebagai pengguna bisa mendapatkan kelebihan di dalam menangkap Insight dan mencoba mengamati behavior user di Indonesia.
Dalam Era Dunia digital, sungguh tantangan luar biasa bagi para media konventional untuk bisa mengikuti kecepatan perkembangan berita di dalam memanfaatkan untuk kepentingan bisnisnya.
Setahu saya sampai hari ini, Internet banyak memberikan perubahan kepada Dunia termasuk di dalamnya adanya Social Network seperti Facebook, Forum, Micro Blogging masih menjadi lahan paling menggiurkan, namun masih banyak yang tergagap gagap dengan perkembangan bahkan terkadang tidak memperhatikan adanya kekuatan dari media online satu ini. Dunia saat ini sedang berubah dan apabila kita tidak mencoba mengikuti perubahan tersebut maka kita akan menjadi keterbelakang akan konsep-konsep Mega Trend yang ada.
Salam Digital,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar