Ini adalah potongan-potongan dari sebuah aktifitas kehidupan yang saya coba uraikan ke dalam kalimat-kalimat yang saya coba jabarkan sendiri dalam bentuk tulisan maupun berdasarkan pengambilan dari berbagai nara sumber yang ada.
Rabu, 12 Mei 2010
Internet
Internet adalah sesuatu yang Indah bagaimana tidak Episode Naruto terbaru baru saja ditampilkan di stasiun televisi di Jepang. Tidak lama setelah usai, sudah dikemas ulang dan disebarkan lewat torrent. Episode terbaru tersebut mulai diunduh oleh ribuat orang, seeders and leechers, tapi banyak penggemar yang berdomisili di Amerika Serikat tidak bisa berbahasa Jepang. Selang satu hari, seorang fan Naruto keturunan Jepang yang tinggal di Los Angeles tleah selesai dengan subtitle episode Naruto tersebut, dalam bahasa Inggris.
Sekarang semua bisa menikmati episode Naruto terbaru, berkat beberapa aktifis sukarela, lewat internet. Indah bukan?
Internet bisa diibaratkan sebuah komunitas global dengan variasi pengguna di seluruh belahan bumi. Namun dalam perjalanannya, sebuah komunitas tidak selalu berjalan mulus. Karena memang komposisi yang dimiliki selalu mengalami variasi antara good people and bad people. Tidak semua juga berpartisipasi, bahkan mayoritas hanya menikmati. Mungkin pengelompokan berikut bisa dijadikan pertimbangan:
1. Watchers & Listeners - Kelompok ini adalah pengguna awam, cenderung pasif dan tidak banyak melakukan kontribusi (seperti kamu yang rajin membaca, tanpa pernah berkomentar. :) ) Jumlahnya mungkin sekitar 90% pengguna.
2. Active Users – Kelompok kedua ini adalah pengguna yang aktif, tapi masih dalam skala kecil. Mungkin berkomentar atau melakukan review di situs online review. Jumlahnya mungkin hanya 9% pengguna.
3. Contributors – Grup ini memegang peranan penting, karena tanpanya, grup pertama dan kedua tidak bisa beraktifitas. Grup ini mungkin hanya berjumlah 1% saja.
Dari 3 macam pengguna di atas, masih ada beberapa pemeran tambahan, yaitu:
4. Trolls – Ini adalah kelompok perusak. Selalu mengambil kesempatan dalam kesempitan. Entah dalam bentuk spam, scam, atau tindakan yang tidak pantas dilakukan dimedia umum.
5. Celebrities – Dalam suatu komunitas selalu ada sosok yang selalu dipuja. Sosok ini bukan berarti selebriti beneran, bintang film atau penyanyi. Namun cukup berpengaruh dengan jumlah pengikut yang banyak.
6. Leaders – Mirip dengan kelompok selebriti, tapi bedanya adalah kelompok ini mempunya profesi beneran. Bukan hanya sekedar pengguna yang mempunyai banyak pengikut. Mungkin karena posisinya atau profesinya yang memang perlu personal branding yang kuat.
Kira-kira begitulah gambaran komunitas pengguna Internet. Dari awalnya internet dimulai, selalu diawali dengan sekelompok orang yang mau berbagi. Dengan semakin banyak pengguna, dan karena Internet memang bermanfaat, semakin banyak yang berpartisipasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar