- Logo sebagai identitas produk atau jasa perusahaan.
- Pesan sebuah dari produk atau jasa perusahaan dapat tersampaikan secara efektif. Pesan tersebut bisa berupa kata-kata, gambar, tulisan, maupun gabungan ketiganya. Salah satu bentuk pesan tersebut adalah logo, yang merupakan penggabungan dari realitas sebuah produk atau perusahaan menjadi bentuk pesan yang sederhana, sehingga lebih mudah untuk dilihat dan diingat oleh konsumennya. Sebagai identitas sebuah logo menanggung beban yang besar bagi citra sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, hendaklah ditampilkan secara baik dan benar karena logo merupakan elemen penting dalam program identitas. (Logo Volkswagen).
- Logo membedakan produk dengan produk yang lain.
- Logo juga berfungsi membedakan produk dengan produk yang lain dengan tampilan yang khas, unik dan ekslusif, sebuah logo menjadikan sebuah produk tidak rancu dengan produk yang lain. Dalam perkembangan ekonomi dewasa ini, konsumen memiliki banyak pilihan mengenai produk atau jasa terdapat berbagai jenis produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan dengan berbagai kualitas dan kelebihan kepada konsumen. Sehingga mengakibatkan produk dan jasa sukar dibedakan antara satu dengan yang lainnya, hal tersebut juga mengakibatkan hilangnya pesan-pesan yang sebelumnya kita rancang dalam mendukung program perusahaan. (Logo Pizza Hut).
- Logo sebagai ukuran keaslian dan kualitas produk.
- Sebuah logo memberikan ukuran kualitas serta keaslian produk dan jasa perusahaan, John Murphy dan Michael Rowe mengatakan bahwa logo mempunyai arti yang lebih dari sekedar cap dagang yang membedakan sebuah produk dengan produk lain. Logo juga menjadi indikasi, kualitas, posisi produk dipasar, keaslian produk serta kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa perusahaan tersebut. Produk yang sudah sangat terkenal, serta mengalami sukses pasar, biasanya selalu ditiru oleh perusahaan lain dengan memanfaatkan beberapa karakteristik produk yang ditiru, salah satunya adalah logo produk tersebut. (Logo Aqua).
- Logo sebagai indikasi tingkatan produk dipasar.
- Fungsi logo bisa menjadi indikasi tingkatan produk di pasar, golongan konsumen serta harganya. Pada umumnya produk atau jasa tersebut berada pada taraf yang sangat mapan dengan berbagai karakteristik tertentu. Sehingga hanya dengan melihat logonya kita sudah bisa membayangkan mahalnya harga produk tersebut. Contoh produknya yakni : BMW, Mercedes Benz, Kamera Leica, Macintosh dan produk lainnya. (Logo BMW).
- Signature.
- Dapat diartikan tipografi atau huruf nama yaitu : nama perusahaan yang disusun dalam huruf cetak yang secara normal digunakan secara konsisten dalam suatu gaya tipografis tertentu. (Logo London Symphony Orchestra_2001 dan Logo Lorraine Hansberry Theatre).
- Mark.
- Diartikan lambang, yaitu perancangan logo yang digunakan secara konsisten sebagai simbol visual yang menampilkan sebuah perusahaan atau organisasi. Lambang ini dapat digunakan dengan huruf atau tanpa huruf nama. (Logo Apple Macintosh).
- Word Mark.
- Word mark merupakan lambang yang memasukkan nama perusahaan dalam perancangannya dan secara fisik tak mungkin memisahkan kedua unsur tersebut dan masih mempunyai suatu bekas rancangan. (Logo Stasiun Televisi Metro TV dan Logo Stasiun Televisi Metro TV).
- Product Oriented Mark.
- Logo yang berorientasi pada produk apa yang disajikan tertuang pada bentuk logo tersebut
- The Abstract.
- Jenis logo yang tidak menempatkan nama perusahaan atau produk sebagai bagian dari logo. Dalam banyak kasus ini menggunakan signature (nama perusahaan dalam gaya tipografi tertentu sebagai bagian dari logo)
- The Name at Design Together.
- Logo jenis ini menggunakan nama perusahaan atau produk menjadi bagian dari rancangan logo
- The Name Alone.
- Penggunaan jenis logo ini menampilkan bentuk huruf khusus, tulisan tangan atau bentuk yang menghindari kesan ruwet
- Initial.
- Jenis logo yang menggunakan huruf awal dari nama perusahaan sebagai inisial
- The Initial and Design Together.
- Bentuk logo yang menjadikan inisial nama perusahaan sebagai bagian dari rancangan sebuah logo.
- Garis
- Bentuk
- Warna
- Tipografi
- Horizontal : Memberi sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak.
- Vertikal : Stabilitas, kekuatan atau kemegahan.
- Diagional : Tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika.
- Lengkung S : Grace, keanggunan.
- Zig-zag : Bergairah, semangat, dinamika atau gerak cepat.
- Bending up right : Sedih, lesu atau kedukaan.
- Diminishing Perspective : Adanya jarak, kejauhan, kerinduan dan sebagainya.
- Concentric Arcs : Perluasan, gerakan mengembang, kegembiraan dsb.
- Pyramide : Stabil, megah, kuat atau kekuatan yang masif.
- Conflicting Diagonal : Peperangan, konflik, kebencian dan kebingungan.
- Spiral : Kelahiran atau generative forces.
- Rhytmic horizontals : Malas, ketenangan yang menyenangkan.
- Upward Swirls : Semangat menyala, berkobar-kobar, hasrat yang tumbuh.
- Upward Spray : Pertumbuhan, spontanitas, idealisme.
- Inverted Perspective : Keluasan tak terbatas, kebebasan mutlak, pelebaran tak terhalang.
- Water Fall : Air terjun, penurunan yang berirama, gaya berat.
- Rounded Archs : Lengkung bulat mengesankan kekokohan.
- Rhytmic Curves : Lemah gemulai, keriangan.
- Gothic Archs : Kepercayaan dan religius.
- Radiation Lines : Pemusatan, peletupan atau letusan.
- Segitiga, merupakan lambang dari konsep Trinitas. Sebuah konsep religius yang mendasarkan pada tiga unsur alam semesta, yaitu Tuhan, manusia dan alam. Selain itu segitiga merupakan perwujudan dari konsep keluarga yakni ayah, ibu dan anak. Dalam dunia metafisika segitiga merupakan lambing dari raga, pikran dan jiwa. Sedangkan pada kebudayaan Mesir, segitiga digunakan sebagai simbol feminitas dan dalam huruf Hieroglyps segitiga menggambarkan bulan.
- Yin Yang, merupakan bentuk yang termasuk dalam jenis Monad, yakni bentuk yang terdiri dari figure geometris bulat yang terbagi oleh dua bentuk bersinggungan dengan masing-masing titik pusat yang berhadapan. Di China bentuk seperti ini disebut Yin Yang, di Jeapng disebut Futatsu Tomoe sedangkan orang Korea menyebutnya Tah Gook. Yin Yang merupakan gambaran dua prinsip alam, Yang melambangkan kecerahan Ü Yin melambangkan kegelapan, Yang melambangkan nirwana Ü Yin melambangkan dunia, Yang sebagai matahari Ü Yin sebagai bulan, Yang memiliki posisi aktif, maskulin Ü Yin pasif, feminin. Kesemuanya itu melambangkan prinsip dasar kehidupan, yakni keseimbangan.
Dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan, warna sangat mempengaruhi anggapan psikologis seseorang terhadap logo yang ia lihat. Bahkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan, setiap warna memiliki arti, ciri khas dan rasa tersendiri.
Berdasarkan dari 100 brand yang diteliti, perpaduan warna logo yang mendominasi adalah merah, biru dan hitam atau abu-abu — sisanya kuning atau emas. 95 persen diantaranya hanya menggunakan dua warna, dan hanya 5 persen yang menggunakan lebih dari 2 warna. Dari sebanyak brand produk yang diteliti itu, hanya 41 persen yang menggunakan teks. 9 persen bahkan tidak menggunakan nama perusahaan pada logo mereka.
Artinya, psikologi perpaduan warna logo sangatlah luas dan kompleks. Dan kita perlu melakukan penelitian sebelum membuat logo yang dapat menggambarkan apa produk yang kita jual.
Warna logo juga bisa dibedakan menjadi dua kategori; hangat dan dingin. warna yang hangat sering dikaitkan dengan energi; warna yang dingin sering dikaitkan dengan ketenangan dan keamanan.
Oleh karena itu mari kita bahas satu-persatu warna-warna yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama - beserta bagaimana reaksi dan persepsi masyarakat umum terhadapnya.
- hijau merah
- orange biru
- kuning
- ungu
- Elemen warna dalam logo dapat mempengaruhi 90% dari kesan pada pandangan pertama.
- Warna dapat meningkatkan brand awareness hingga 80%
- Warna mempengaruhi hingga 85% keputusan seseorang membeli.
- Warna dapat mempengaruhi perilaku, mood, dan tingkat stress manusia.
- Laki-laki lebih menyukai warna biru (57%), hijau(14%) dan hitam (9%)
- Wanita lebih menyukai warna biru (35%), ungu(23%) dan hijau(14%)
- Orang-orang dapat berbeda dalam memandang suatu warna, hal ini tergantung gender dan budaya.
- 42% orang-orang menilai warna hitam untuk produk yang high quality.
- Secara sederhana berikut tabel dalam bentuk lingkaran yang menunjukkan warna memberikan efek emosi yang berbeda.
Emas adalah salah satu komoditi yang berharga saat ini dan memiliki prestise yang tinggi. Warna emas melambangkan kesuksesan, kemewahan, kemenangan, kemakmuran, prestasi. Tidak banyak ditemui brand bisnis yang menggunakan warna emas sebagai warna utama. Emas juga mencerminkan Kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.Warna silver hampir memiliki kesamaan dengan warna emas. Warna silver melambangkan harta, kekayaan, glamor, canggih, harmonis. Contoh perusahaan yang menggunakan warna silver didominasi oleh pabrikan mobil ternama dunia seperti Lexus, Infinity, Peugeot, Mercedes Benz.
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada desain logo dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda. Dan tidak lupa, arti warna logo coklat juga bisa memberikan nuansa dapat di andalkan dan kuat. Warna coklat ini biasanya di gunakan di firma hukum sebagai warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
Merupakan warna yang paling netral dengan tidak adanya sifat atau kehidupan spesifik.
Warna abu-abu menyiratkan akan keabadian, timeless. Selain itu ia memiliki sifat paling netral di antara semua warna. Cocok digunakan sebagai warna sekunder ataupun latar dari warna yang lebih mentereng. Ketika dalam konteks moralitas, abu-abu melambangkan area di antara kebaikan dan kejahatan.Salah satu contoh paling populer penggunaan abu-abu adalah logo Apple. Pola abu-abu dengan efek metaliknya mengesankan kecanggihan yang abadi. Brand besar lain yang menggunakan warna seirama, contohnya Nissan, Mercedes-Benz, Lexus, dan Toyota. Penggunaan warna ini untuk logo brand mobil terbilang cukup populer.
Sebagai warna yang paling terang, melambangkan cahaya, kesulitan dan seterusnya. Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Makna warna logo putih juga dapat memberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan.
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya). Putih juga dapat diasosiasikan dengan keren. Coba perhatikan logo Apple pada beberapa Macbook versi lama yang begitu menonjol dan tampak cool dengan putih terangnya. Saya sering melihat stiker logo Apple putih polos, begitu mencolok saat dipasang di tempat-tempat seperti kaca belakang mobil.
Sebagai warna yang tertua (gelap) dengan sendirinya menjadi lambang untuk sifat gulita dan kegelapan (juga dalam hal emosi). Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi dapat mengesankan makna elegan dan kemewahan bila diaplikasikan dengan tepat. Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk). Perusahaan barang mewah banyak memanfaatkan arti warna logo hitam ini untuk meningkatkan daya tarik akan kemewahan kepada konsumen untuk produk mereka.
Hitam juga sangat sering dikaitkan dengan kematian, duka, kejahatan, dan kegelapan. Contohnya seperti dalam dunia perfilman, lawan selalu diasosiasikan dengan kegelapan warna hitamnya. Logo Puma merupakan contoh penggunaan warna hitam untuk menekankan nilai supremasi dan kepercayaan diri. Nilai-nilai lainnya seperti prestis, premium, kekuatan, dan keyakinan juga dapat diwakili melalui warna ini.
Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam fashion, seperti Louis Vutton, Gucci, dan Prada menggunakan hitam untuk memberikan perasaan mewah dan borjuis. Zalora Indonesia juga menggunakan warna hitam pada logonya. Warna ini bisa dipertimbangkan apabila logo yang sedang kamu buat berkaitan dengan fesyen.
Mempunyai sifat keseimbangan dan selaras, Membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru. Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang.
Para peneliti juga menemukan makna warna terselubung dalam spekturm cahaya hijau yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan makna pemahamannya. Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Arti warna logo yang memakai warna hijau adalah brand atau perusahaan yang tenang karena biasanya warna ini dikaitkan dengan lingkungan dan alam.Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap. Dalam dunia keuangan, hijau sendiri merupakan simbol dari uang, kekayaan, perbankan, dan ambisi. Bareksa merupakan salah satu perusahaan finansial Indonesia dengan warna hijau dalam logonya. Investree dan Ethis Crowd juga demikian.
Banyak startup besar di Indonesia menggunakan warna ini. Sebut saja Gojek, Grab, Tokopedia, dan IGrow. Bisa jadi yang menjadi salah satu pertimbangan mereka menggunakan hijau adalah karena efek penyembuhannya, baik itu terhadap kesehatan mental ataupun fisik. Hijau memang menyejukkan bagi mata manusia.
Sebagai warna yang menimbulkan kesan dalamnya sesuatu (dediepte).Bersifat yang tak terhingga dan transenden, disamping itu memiliki sifat tantangan. Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit.
Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain grafis, arti warna logo biru sering di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya.Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
Bersifat menaklukkan, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), aktif dan vital (hidup). Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian. Warna memilki karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik. Merah juga meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas. Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas.
Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap agresif. Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi panas , berani ,marah dan berteriak. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah bisa membuat arti warna logo tersebut menjadi terlihat sedikit berbeda.
Bersifat kurang dalam, merupakan wakil dari hal-hal atau benda yang bersifat cahaya, momentum dan mengesankan sesuatu. Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa memiliki makna berita penting dan sering dipakai untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus. Warna kuning juga memberi makna yang berhubungan dengan intelektual dan proses mental.
Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak.Karena begitu kuatnya arti warna logo kuning ini, seringkali didayagunakan oleh para designer profesional dunia untuk menarik perhatian orang dengan cepat. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah karena sifatnya menarik perhatian.
Merupakan warna hangat dan ramah yang membuat orang merasa nyaman. Orange berhubungan dengan cakra sakral dan diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan organ repoduksi. Dia juga meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga makna warna yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan hangat.Orange melambangkan kreatifitas, keramahan, kegembiraan, hingga kemakmuran. Ia juga biasa diasosiasikan dengan musim gugur dan musim panen. Ia mempromosikan nilai-nilai persahabatan, kehangatan, dan kenyamanan. Di Indonesia kita biasa melihat logo Pos Indonesia yang didominasi warna orange. Lalu ada logo merek air minum Cleo yang juga tampak begitu mencolok ketika dibandingkan dengan para kompetitornya melalu warna orange. Keduanya tampak ingin menunjukkan keramahan, kehangatan, dan rasa nyaman.
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan berani. Tetapi banyak juga desain logo perusahaan yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.Cinta dan seksualitas juga sering diasosiasikan dengan warna pink. Barbie merupakan salah satu merek yang menggunakan warna pink untuk menarik perhatian anak-anak kecil perempuan. Ia berusaha menyesuaikan dengan target pelanggannya. Warna pink juga digunakan oleh Dunkin’ Donuts, berpasangan dengan orange. Kedua warna tersebut saling mempromosikan keceriaan dan kegembiraan. Perasaan fun juga terpicu ketika melihat logo perusahaan donat ini. LG merupakan perusahaan teknologi besar asal Korea Selatan yang menggunakan pink dalam logonya. Desainer logonya mengatakan bahwa warna unik tersebut untuk menyampaikan kesan bersahabat dan komitmen besar LG untuk menyajikan pelayanan terbaik.
Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus.Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja. Warna ungu dapat berarti kemewahan, kekuatan, kebangsawanan, dan kekuasaan. Ia juga dapat bermakna spiritualitas, vitalitas, dan kedudukan tinggi. Jika kamu ingin logo yang terkesan elegan dan glamor, ungu bisa menjadi pilihan kamu.
Warna ungu memadukan antara warna merah yang membara dan biru yang menyegarkan. Ia nampak jarang sekali dijumpai dalam alam, sehingga seringkali diasosiasikan sebagai warna yang kudus, berharga, dan lembut. OVO sebagai startup finansial teknologi menjadikan ungu sebagai warna brand. OLX juga menginkorporasikan warna ungu pada salah satu bagian dalam logonya.
Twitch sebagai salah satu situs gaming terbesar di dunia menggunakan ungu sebagai diferensiasi. Berhubung tidak begitu banyak perusahaan gim besar menggunakan warna tersebut. Logo Yahoo juga menggunakan warna ungu. Sejarah mengatakan bahwa pemilihan warna tersebut memang tidak disengaja oleh para pendirinya.
- Hue, adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah, biru, hijau dsb.
- Value, adalah dimensi kedua atau mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih hingga hitam.
- Intensity, seringkali disebut dengan chroma, adalah dimensi yang berhubungan dengan cerah atau suramnya warna.
Desain logo harus memiliki edit value dan harus lebih dari cuma sekedar menarik untuk dilihat. Maksud dari pernyataan tersebut adalah simbol perusahaan secara alami harus mampu bersaing dengan banyak gambar yang terpampang di brosur, poster, website, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang melihat logo tersebut menyadari bahwa Anda memiliki sebuah lambang.
Seorang designer simbol perusahaan melakukan penggambaran marking ini dengan teori analog. Bentuk marking dari atribut tersebut biasanya diambil dari sebuah obyek yang terkait dengan perusahaan atau produk yang nantinya akan dibuatkan desain logonya.
Perkembangan desain logo akan sangat dipengaruhi oleh trend dan perkembangan jaman. Selain itu, dapat di jadikan sebagai branding dengan tujuan komunikasi sebagai identitas perusahaan Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar