Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menjalankan suatu bisnis. Tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas, maka suatu bisnis tidak bisa dilaksanakan dengan baik, bahkan cenderung akan mengalami berbagai permasalahan yang dapat mengakibatkan bisnis menjadi terhenti. Salah satu aspek kualitas sumber daya manusia di antaranya adalah tanggung jawab & akuntabilitas yang dimiliki oleh para pekerja.
Kedua sifat ini merupakan sifat-sifat yang harus ada pada diri para pekerja, sehingga kualitas sumber daya manusia bisa meningkat dan melancarkan suatu bisnis. Berbagai tahapan dalam pelaksanaan bisnis akan memerlukan tanggung jawab dan akuntabilitas dari para pekerjanya. Mulai dari tahap perencanaan, hingga pelaksanaan dan evaluasi harus dilakukan oleh para pekerja dengan berpegang teguh pada tanggung jawab dan akuntabilitas. Berbagai bidang pekerjaan dan jabatan, apabila tidak dilandasi dengan tanggung jawab dan akuntabilitas, maka tidak akan berjalan sesuai dengan perencanaan.
Lalu apa arti dari Tanggung Jawab & Akuntabilitas
Pada dasarnya, tanggung jawab merupakan segala sesuatu yang harus ditanggung oleh seseorang atau sekelompok orang agar berjalan sesuai dengan tujuannya. Tanggung jawab sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap orang, termasuk para pekerja dan pelaku bisnis.
Setiap pekerjaan atau jabatan dalam dunia kerja, tentu memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda yang harus dijaganya. Apabila tidak bisa bertanggung jawab atas apa yang diserahkan kepadanya, maka hal tersebut bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.
Sementara itu, akuntabilitas lebih mengacu pada keadaan di mana seseorang dapat dimintai pertanggungjawaban atas apa yang ditanggungkan kepadanya di awal. Akuntabilitas mendorong setiap orang untuk bisa menjalankan dan menjaga tanggung jawabnya, sehingga akan bekerja dengan optimal. Adapun apabila ada suatu permasalahan, orang yang memiliki akuntabilitas akan semaksimal mungkin berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut tanpa menyalahkan orang lain.
Yang saya coba Highlight disini adalah, bila seseorang Ditugaskan sebagai "pengawasan dari sebuah kegiatan" berbeda dengan hasil dari tanggung jawab atas hasil.
Ketika seseorang bertanggung jawab atas hasil, mereka memiliki serangkaian tanggung jawab pekerjaan dan tujuan yang mungkin melebihi dan di atas peran harian mereka yang harus mereka capai!
Menurut pakar Ilmu Politik, Miriam Budiardjo, akuntabilitas adalah pertanggungjawaban pihak yang diberi kuasa mandat untuk memerintah kepada yang memberi mereka mandat.
Akuntabilitas bermakna pertanggungjawaban dengan menciptakan pengawasan melalui distribusi kekuasaan kepada berbagai lembaga pemerintah, sehingga mengurangi penumpukan kekuasaan sekaligus menciptakan kondisi yang saling mengawasi.
Jangan bersikap acuh tak acuh
Apakah ada seseorang di tempat kerja yang kerap menjawab “itu bukan salah saya” ketika proyek tidak memberikan hasil sesuai target? Tandanya, ia merupakan orang yang tidak bersedia menerima tanggung jawab apalagi memiliki akuntabilitas. Bukannya melakukan follow up ke seluruh anggota tim untuk memastikan bahwa proyek berjalan lancar dan sesuai jadwal, ia cenderung acuh tak acuh dalam menjalankan proyek. Ketika ternyata proyek tersebut mundur dari deadline, ia tidak mau disalahkan dan memastikan semua orang tahu bahwa ia telah melakukan perannya.
Pentingnya Memiliki Rasa Tanggung Jawab & Akuntabilitas
Memiliki rasa bertanggung jawab dan akuntabilitas sangatlah penting bagi setiap orang. Tidak hanya untuk dunia pekerjaan saja, melainkan berbagai keadaan lain juga akan membutuhkan tanggung jawab dan akuntabilitas dari setiap orang. Dalam dunia pekerjaan, para pekerja yang tidak memiliki rasa tanggung jawab dan akuntabilitas dianggap tidak memiliki etika kerja yang baik, sehingga hal ini sering menjadi aspek bagi perusahaan dalam memilih tenaga kerja untuk perusahaannya. Sebab, orang yang memiliki rasa tanggung jawab dan akuntabilitas, tentu akan bekerja dengan semaksimal mungkin dalam menjalankan tanggung jawab, tugas, dan kewajibannya. Pekerja dengan sifat ini akan memberikan hasil yang maksimal, bahkan seringkali lebih dari apa yang sudah ditargetkan.
Mereka tak hanya menunjukkan kerja keras untuk memastikan bahwa proyek tersebut berjalan lancar, tetapi juga bersedia menerima tanggung jawab atas hasilnya. Mereka akan memberikan lebih dari yang diminta dan selalu memastikan bahwa mereka telah bekerja sebaik mungkin.
Antara Tanggung Jawab & Akuntabilitas
Kedua sifat ini, yakni tanggung jawab & akuntabilitas merupakan dua sifat yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Dengan adanya tanggung jawab, maka seseorang harus bisa menunjukkan akuntabilitasnya, yakni dalam mengemban tanggung jawab tersebut sebaik mungkin. Adanya akuntabilitas berarti menjadi sarana bagi seseorang untuk menunjukkan bahwa dirinya memiliki sifat tanggung jawab dan mampu memberikan hasil yang optimal. Semua orang bisa saja mendapatkan atau menerima tangggung jawab yang diberikan. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki akuntabilitas untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Maka dari itu, sifat tanggung jawab dan akuntabilitas harus benar-benar Anda tanamkan dalam diri Anda, sehingga Anda bisa menjadi orang yang berkualitas dan mampu memberikan hasil yang terbaik dalam berbagai hal di kehidupan Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar